Lima Kebiasaan Efektif Pekerja Profesional –ala Peter Drucker

Menurut Peter Drucker, ada lima kebiasaan pikiran yang perlu Anda latih, untuk menjadi pekerja profesional yang efektif.

  • Eksekutif efektif tahu ke mana perginya waktu mereka. Mereka bekerja secara sistematis untuk mengelola sedikit waktu mereka yang dapat mereka kendalikan.
  • Eksekutif efektif berfokus pada kontribusi keluar. Mereka menyelaraskan upaya mereka dengan hasil-hasil, bukannya dengan upaya. Mereka mengawali hari dengan pertanyaan, “Hasil apayang diharapkan dari saya?”’ bukannya dengan pekerjaan yang akan dilakukan, apalagi dengan teknik dan alat-alatnya.
  • Eksekutif efektif bersandar pada kekuatan: kekuatan mereka sendiri, kekuatan atasan, kolega, dan bawahan mereka; serta pada kekuatan di dalam situasi, artinya pada apa yang mereka lakukan. Mereka tidak bersandar pada kelemahan. Mereka tidak memulai dengan hal-hal yang tidak dapat mereka lakukan.
  • Eksekutif efektif berkonsentrasi pada sedikit bidang utama di mana kinerja yang unggul akan memberikan hasil yang sangat memuaskan. Mereka memaksa diri sendiri untuk menetapkan prioritas. Mereka tahu bahwa mereka tidak punya pilihan kecuali melakukan yang utama terlebih dahulu –dan tidak memecah perhatian dan energi mereka. Kalau tidak, takkan ada yang tuntas.
  • Eksekutif efektif, pada akhirnya, membuat keputusan yang efektif. Mereka tahu bahwa ini pada dasarnya adalah masalah sistem: masalah langkah yang tepat dalam urutan yang tepat. Mereka tahu bahwa sebuah keputusan yang efektif selalu merupakan penilaian yang didasarkan pada opini-opini yang saling bertentangan, bukannya konsensus atas fakta-fakta. Dan mereka tahu bahwa membuat banyak keputusan dengan tergesa-gesa berarti membuat keputusan yang salah. Yang dibutuhkan adalah sedikit keputusan tetapi fundamental. Yang dibutuhkan adalah strategi yang tepat, bukannya taktik yang rumit dan membingungkan.

Saatnya bertanya pada diri sendiri. “Seberapa banyak kebiasaan efektif tersebut di dalam diri Anda?”

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.