INI NANTINYA

Sebab manusia adalah makhluk kebiasaan. Apa yang kita dapat hari ini, adalah efek dari perbuatan kita sebelumnya. Apakah perilaku kita sudah sesuai dengan hasil yang kita inginkan? Jika sudah, pertahankan. Jika belum, perbaiki.

Maka, ketika kita inginkan hasil yang lebih baik, tentu saja kita perlu lakukan yang berbeda. Berbeda, bisa dengan menghentikan perilaku buruk. Bisa juga, dengan mulai merutinkan perilaku baik. Hingga perilaku itu berubah menjadi kebiasaan. Sambil kita memeriksa, seperti apa hasilnya dalam kehidupan kita. Apakah lebih baik dari sebelumnya.

Penting untuk selalu kita perhatikan, apa konsekuensi dari tindakan yang kita kerjakan atau tidak kita kerjakan. Ada perilaku yang dapat mewujudkan hasil positif dalam jangka pendek, tapi berkonsekuensi jangka panjang dapat menjadi negatif.

Contoh, seorang remaja berhenti sekolah untuk bekerja agar mendapatkan uang sehingga ia bisa membeli rumah, bergaul, dan memiliki kehidupan yang baik. Ini tentu positif, dan merupakan target singkat yang remaja itu ingin nikmati.

Tapi, konsekuensi dari kurang berpendidikan yang memadai, dapat terasa lebih lama, berupa pendapatan kecil, kecil kemampuan naik jabatan, dan tidak pernah menggunakan potensi diri sepenuhnya.

Maka, seperti dalam permainan catur, berpikirlah beberapa langkah ke depan. Keberhasilan kita, ditentukan oleh kemampuan kita membuat langkah-langkah yang membawa pada kemenangan terakhir, apa pun definisi yang Anda buat.

Berlatihlah menggunakan ‘sudut pandang waktu’ yang lebih lebar. Tindakan Anda memikirkan jangka panjang, justru mempertajam sudut pandang Anda, dan secara dramatis, meningkatkan kualitas pengambilan keputusan jangka pendek Anda.

Maka wajar, jika orang-orang yang sukses bersedia untuk berkorban. Ia menunda kenikmatan seketika di masa sekarang, dalam jangka pendek, agar dapat menikmati imbalan lebih besar di masa depan.

Jadi putuskanlah untuk rutin melatih diri, membayangkan konsekuensi terbaik di masa depan. Bayangkan seperti apa kehidupan terbaik yang dapat Anda alami? Lalu tanyakan, “Apa yang perlu terjadi hari ini, agar dapat terjadi kehidupan terbaik?”

Selamat berlatih.

cerdikpraktis

riopurboyo.com

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.