Amati Pengalaman Konsumen

Observasi Pengalaman Konsumen

1. Posisikan diri Anda sebagai konsumen (user).

2. Pikirkan tentang sesuatu yang Anda beli dan kemudian amati tiap bagian dalam proses pembeliannya:

a. Di mana saja titik sentuhnya: mulai dari pertama kali memperhatikan produk, merk, atau perusahaan, sampai menelusurinya lebih jauh, melihatnya, menggunakannya, atau melakukan pembelian ulang?

b. Apakah Anda membentuk kesan berdasarkan iklan cetak yang terpampang di jalanan atau dari cerita getok-tular sebelum membutuhkan produk tersebut?

c. Pada titik mana (titik sentuh, proses tertentu) Anda menjadi semakin tertarik, atau tidak tertarik, pada produk?

d. Apa yang menjadi saat atau poin penting dalam pengambilan keputusan?

3. Sekarang, terapkan pemikiran yang sama di perusahaan Anda, tanpa membedakan apakah Anda menjual produk ke konsumen, layanan, atau produk yang dijual ke bisnis lain.

4. Pikirkan kembali semua ide yang Anda miliki untuk menumbuhkan bisnis dari mata pelanggan.

5. Tak masalah jika Anda pakai data besar dan analisa. Tapi, Anda juga harus perkuat intuisi terhadap konsumen. Sebab itu, perkuatlah melalui observasi langsung.

6. Amati pelanggan di pasar. Pikirkan apa yang mereka beli, siapa yang mengambil keputusan, apa alternatif lain yang mereka pikirkan, apa yang mereka pakai, apa saja perilaku yang mereka lakukan, barang atau layanan lain apa yang mereka beli.

7. Lihatlah secara keseluruhan pengalaman pelanggan. Pada titik mana Anda melihat peluang untuk melakukan perbaikan, efisiensi, atau menambah nilai?

Selamat berlatih.

cerdikpraktis

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.