10 Pertanyaan Kunci Bagi Pemimpin Kreativitas

Menurut pak Mario Teguh, dalam artikel “10 Key Questions for Leaders of Creativity”,

“Kreativitas adalah kompetensi untuk mendatangkan sesuatu yang baru.

Adapun inovasi adalah kreativitas yang mendatangkan pertumbuhan nilai.”

Jika ada satu hal saja yang membahayakan keberadaan bisnis kita, itu adalah kreativitas dari para pesaing kita.

Kecepatan dan ketepatan perubahan yang pesaing wujudkan, adalah sebab yang bisa menempatkan kita dalam posisi bertahan, posisi penyelamatan diri, atau dalam posisi yang mengarah pada penghapusan usaha.

Sebab itu, nasihat dari pak Mario Teguh, untuk memimpin organisasi menuju kompetensi inovasi yang baik, kita harus memperbarui dan bahkan meninggalkan kemapanan dalam hal-hal dan cara-cara yang sudah biasa kita lakukan.

Bahkan, cara-cara yang terbukti paling menghasilkan saat ini, akan menjadi beban biaya yang besar di masa depan – jika pesaing Anda menemukan cara yang lebih baik.

Secara teknis, kreativitas mewujud nyata saat kita menghentikan kesetiaan pada proses-proses yang kurang menghasilkan dan menggantikannya dengan pendekatan yang lebih optimal dalam menghasilkan.

Lebih lanjut, beliau tuliskan 10 pertanyaan bagi pemimpin untuk membangun organisasi kreatif. Kesepuluh pertanyaan ini perlu diajukan dan dilembagakan dalam tim kreatif di organisasi kita. Dengan demikian, kita dapat membangun proses bisnis yang memastikan keberhasilan dua prinsip penting berbisnis:

  1. Memastikan proses bisnis sedekat mungkin dalam menghasilkan kegembiraan pelanggan.
  2. Mencegah strategi dan taktik yang kita buat sendiri, dari menjadi sumber bagi ketidakmampuan kita untuk bermain cantik dalam persaingan.

Karena kondisi internal dan eksternal bisnis memberi pengaruh pada strategi dan taktik yang bisa berubah kapan pun, lakukanlah proses creative questioning ini setiap enam bulan, atau jika diperlukan lebih sering.

Selamat berlatih #cerdikpraktis

  1. Bila kita sedang mengalami masalah karena persaingan, mengapa para pesaing kita tidak mengalami masalah yang sama?
  2. Berapa jumlah klien besar yang meninggalkan kita dengan produk atau pelayanan dari pesaing kita? Apakah alasan mereka untuk tidak meneruskan hubungan bisnis mereka dengan kita?
  3. Apa yang harus kita lakukan untuk membuat masalah yang sedang kita hadapi ini menjadi sebuah masalah yang cantik, yaitu yang justru dapat mengharuskan perubahan pada sikap, pemikiran, dan pada cara-cara yang meningkatkan kemampuan kita untuk menggembirakan pelanggan?
  4. Apakah lima hal utama, yang apabila terus kita lakukan, dapat membuat kita terhapus dari persaingan?
  5. Saat kita menyusun anggaran usaha, adakah asumsi-asumsi kita yang masih memerlukan pengujian objektivitas?
  6. Apakah yang harus kita lakukan untuk memungkinkan karyawan kita mencapai hasil yang super dan mereka mencapainya dengan gembira?
  7. Apa definisi paling sederhana dari masalah kita saat ini?
  8. Apakah ada cara yang lebih baik untuk melakukan apa yang sedang kita lakukan, walaupun cara kita sekarang sudah sangat baik?
  9. Apa yang harus kita lakukan untuk mencapai target usaha kita dalam setengah waktu dari yang kita rencanakan sebelumnya?
  10. Apa yang akan kita lakukan bila kita tidak dibatasi uang dan waktu?
Share: