Temukan Jawaban 8 Pertanyaan Pemasaran Ini

Anda harus bisa secara tepat, objektif, dan lengkap menjawab pertanyaan-pertanyaan pemasaran ini. Terserah bagaimana Anda mendapatkan jawabannya. Orang lain dapat melakukan riset untuk Anda. Yang penting adalah: Anda mendapatkan jawabannya. Anda mendapatkan jawabannya dari konsumen dan konsumen potensial.

  1. Jelaskan siapa konsumen ideal Anda. Siapa yang menginginkan, membutuhkan, dan bersedia membayar untuk manfaat dari produk (jasa) Anda?
  2. Mengapa konsumen membeli produk (jasa) Anda?
  3. Mengapa sejumlah konsumen potensial memilih untuk tidak membeli produk Anda?
  4. Mengapa konsumen membeli produk pesaing?
  5. Apa saja yang perlu Anda lakukan untuk memenuhi semua kebutuhan konsumen?
  6. Apa saja yang perlu dilakukan pesaing untuk memenuhi semua kebutuhan konsumen?
  7. Siapakah pemasok (supplier, produsen) terbaik konsumen Anda dan mengapa?
  8. Tanyakan pada konsumen, “Jika Anda menjadi pimpinan perusahaan kami, apa yang akan Anda ubah dan mengapa?”

Pertanyaan-pertanyaan tersebut sebaiknya diajukan oleh pihak ketiga yang objektif. Pertanyaan-pertanyaan tersebut sangat sulit ditanyakan oleh pemasar. Jika konsumen menjawab terus terang, jawaban itu kadang sulit diterima. Jika pemasar bertanya, konsumen akan merasa enggan untuk menjawab secara lengkap dan jujur. Jangan harap tenaga penjualan akan memberikan jawaban yang tidak bias. Tenaga penjualan dekat dengan konsumen tiap hari, tetapi orang penjualan cenderung bicara dengan orang yang membeli dan kepada orang yang mereka sukai. Tenaga penjualan cenderung menghindari bertemu pembeli yang keras. Jawaban tenaga penjualan pastilah akan condong ke satu sisi.

Jika Anda ingin tahu jawabannya, jangan lari dari berita buruk atau persoalan yang rumit. Jangan menolak temuan-temuan itu. Perbaiki persoalan yang ada. Beri konsumen lebih banyak hal yang mereka sukai dan kurangilah bagian yang tidak mereka sukai.

Dapatkan jawaban pertanyaan-pertanyaan tersebut dari konsumen baru setidaknya sekali dalam setahun. Dapatkan jawaban dari konsumen baru dan konsumen potensial secara terus menerus.

Selamat berlatih. #cerdikpraktis

(sumber: “Strategenius”, “Now, Build A Great Business”)

www.riopurboyo.com

Share: